You need to enable javaScript to run this app.

Fokus Mulai dari Perencanaan, SMAN 1 Kintamani Gelar Reviw Kurikulum Menyambut Tahun Ajaran Baru 2023/2024

  • Jum'at, 23 Juni 2023
  • humas
  • 0 komentar
  • 503 kali
Fokus Mulai dari Perencanaan, SMAN 1 Kintamani Gelar Reviw Kurikulum Menyambut Tahun Ajaran Baru 2023/2024

Menyongsong tahun ajaran baru 2023/2024, SMAN 1 Kintamani menyelenggarakan kegiatan reviw kurikulum. Kegiatan ini bertemakan “Pelatihan Penyusunan AKM dan Pengintegrasian Pendidikan Kepramukaan Melalui Reviw Kurikulum dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Agenda ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali yang berlangsung di Aula SMAN 1 Kintamani diikuti oleh semua guru dan pegawai SMAN 1 Kintamani.

Dalam paparannya, I Made Sutarjana, Sos., M.M, menyampaikan bahwa bahwa kegiatan review kurikulum yang diselenggarakan pada awal tahun pelajaran bertujuan untuk melihat pengalaman-pengalaman praktik baik pembelajaran yang telah berlangsung dan untuk menyesuaikan dengan perubahan kondisi kurikulum pada tahun ajaran yang baru. Perubahan kurikulum (kurikulum Merdeka, red) dilakukan masa sekarang tiada lain untuk menyongsong perubahan jaman dan yang terpenting untuk penguatan karakter siswa.Penguatan karakter terutama melalui pengintegrasian pendidikan kepramukaan dalam pembelajaran. Dalam Kesempatan ini juga, Sutarjana menyinggung bahwasannya pendidikan kepramukaan ini sejalan dengan visi Gubernur Bali, pada bagian “Membentuk Manusia Bali yang unggul”. Dalam hal ini, membentuk SDM Bali yang beriman, bertakwa kepada Tuhan, berahlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, dan kreatif.

Pada kesempatan ini juga disampaikan bahwa guru harus terus mengembangkan diri. Mengingat guru mesti berubah untuk memenuhi keterampilan pedagogi dan profesionalisme. Guru harus mampu mengembangkan sayapnya melalui keahlian-keahlian yang dimiliki, baik di bidang pendidikan, maupun untuk kepentingan masyarakat. Sementara itu, kepala SMAN 1 Kintamani, I Ketut Ada, S. Pd, dalam paparan singkatnya menyampaikan bahwa sejak kurikulum merdeka diluncurkan, SMAN 1 Kintamani menyambutnya dengan baik sekaligus menerapkannya secara riil. Terkait dengan hal itu, hal yang menarik yang sudah diterapkan adalah pelaksanaan projek penguatan profil pancasila (P5). Diantara projek yang dilaksanakan, projek kopi adalah menjadi ciri khas dibuat di SMAN 1 Kintamani. Hal ini menjadi trand/ikon, mengingat Kintamani merupakan daerah penghasil kopi. Oleh karena itu, sesungguhnya apa yang sudah diterapkan selama ini terkait kurikulum merdeka, SMAN 1 Kintamani sudah memfasilitasi kebutuhan murid yang disesuaiakan dengan aset yang ada.

Kegiatan rewiv kurikulum ini diagendakan berlangsung dari tanggal 23 sampai 27 Juni 2023. Kegiatan ini difisilitasi oleh narasumber dari Koordinator pengawas, Drs. I Wayan Darsana, M. Si, dengan materi penyusunan KSOP. Selain itu juga difasilitasi secara intern, baik dari tim manajemen, waka kurikulum, Ida Bagus Made Widarsana, S. Pd mengenai penyusunan modul ajar dan dari para guru dengan topik pendidikan kepramukaan oleh narasumber I Ketut Sutama dan Gusti Ayu Srijati, penyusunan soal AKM oleh narasumber I Kadek Eka Budiawan dan I Gede Eka Putra Adnyana. (Kontributor, Eka Adheyana)

  

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar